Wednesday, April 24, 2013

5 tips untuk menjaga keuangan

       Setiap orang pasti menginginkan keadaan keuangan yang stabil dan mampu memenuhi kebutuhan keluarga. Seringkali keuangan juga menjadi salah satu sumber permasalahan dalam keluarga. Maka dari itu dibutuhkan beberapa metode supaya menghindarkan persoalan keuangan serta mampu memenuhi kebutuhan keluarga di saat diperlukan. Dibutuhkannya rencana keuangan dan kerja sama antara suami dan isteri supaya keuangan dapat stabil. Pada kenyataannya banyak keluarga yang tidak mampu mengelola keuangan dengan baik padahal memiliki pemasukkan yang memadai. Untuk mengelola uang dengan baik anda dapat mencoba beberapa tips di bawah ini.

Membentuk Tabungan Bersama

        Memilki akun terpisah dapat menimbulkan curiga antar pasangan suami isteri dan cenderung menyembunyikkan sesuatu dari pasangannya. Maka dari itu bentuklah tabungan bersama, sebelumnya putuskan terlebih dahulu uang apa yang akan dimasukkan ke tabungan tersebut. Pisahkan antara akun untuk kebutuhan yang penting dengan akun senang- senang. Diskusikan juga jumlah uang yang akan dimasukkan, dengan begitu keuangan anda akan lebih sehat.



Melacak Pengeluaran



          Sebelum anda membagi-bagi uang, ada baiknya anda memulai untuk melacak keuangan anda. Anda dapat mengira-ngira pengeluaran yang anda keluarkan setiap bulan. Hal ini dapat membantu anda untuk mengetahui apakah anda boros atau hemat.

Financial Planner
      Ada baiknya anda membuat rencana anggaran untuk kebutuhan jangka panjang anda dan kebutuhan rutin anda. Kebutuhan rutin merupakan pengeluaran yang dilakukan setiap bulan seperti membeli makanan serta barang-barang keperluan rumah tangga seperti diterjen, sabun dll. Sedangkan kebutuhan jangka panjang anda seperti ingin mencicil rumah, membeli mobil, dan biaya pendidikkan anak di masa depan.

Bedakan Antara keinginan dan Kebutuhan

       Seringkali kita bingung membedakkan antara kebutuhan anda dengan keinginan anda sehingga pada akhirnya sering melakukan kesalahan dan berlaku boros. Kebutuhan itu merupakan hal-hal dasar yang harus dipenuhi untuk kelangsungan hidup seperti sandang, pangan dan papan. Karena bersifat pemenuh kebutuhan dasar maka sifatnya adalah terbatas. Jika kebutuhan sudah terpenuhi kita tidak perlu untuk membuang uang kita lagi untuk kebutuhan lainnya. Sedangkan keinginan merupakan sesuatu yang kita dambakan dan cita-citakan dan cenderung bersifat tinggi untuk dipuaskan. Jadi kita harus bisa membedakkan dengan jelas mana yang kita butuhkan dan kita inginkan supaya kita tidak boros.

Sisihkan uang anda sedikit setiap harinya



        Berapapun jumlah uang yang anda sisihkan tiap hari lama-lama akan menjadi banyak. Misalnya anda menyisihkan uang kembalian yang anda dapat maka dengan begitu tidak akan terasa seperti menyisihkan uang dengan cara seperti ini. 


Selamat mencoba.




No comments:

Post a Comment